Kun Fayakun! Maka Kata-Kata Pun Mencipta


Ditulis oleh Eki Qushay Akhwan

Di antara semua mahluk Tuhan, kata-katalah barangkali ciptaan terhebat. Bahkan manusia – yang katanya paling sempurna dan mulia – tercipta darinya.

Kau tak percaya?

Ketika Tuhan berkehendak menciptakan manusia, diambil-Nya lah segumpal lempung tanah, lalu “kun fayakun!” – jadilah, maka ia pun jadi.

Tanpa kata-kata Tuhan yang mewujudkan kehendak-Nya, barangkali tanah itu akan tetap jadi lempung yang terkurung.

(Tentu Tuhan bisa menciptakan dari ketiadaan dan tanpa kata-kata, tapi Ia telah memilih kata-kata untuk memberi kehidupan yang sempurna pada ciptaan-Nya yang hina, dan menjadikannya bermakna. Maka kata-kata tak hanya mengubah yang tak ada menjadi ada, yang mati menjadi hidup, tapi juga mengubah yang nista menjadi bermakna.)

Kata-kata itu hebat!

Maka Tuhan pun memilihnya untuk mengajari Adam makna. Ini adalah ini, dan bukan itu. Dan itu bukanlah ini, karena ia berbeda. Dan perbedaan itulah makna.

Maka dengan kata-kata itu Adam belajar menyapa Tuhannya, sebagaimana Ia telah menyapanya pada kali pertama. Dengannya, ia belajar berzikir dan berdoa – mengenal Tuhannya, mengenal dirinya, mengenal ciptaan-ciptaan-Nya.

Dengannya, ia mengenal baik dan buruk. Namun dengannya pula iblis telah merayunya, dan mengajarkan keingkaran kepada Sang Tuan. Maka ia pun terpuruk – dari mulia kepada nista.

Lalu dengannya pula, Adam bertobat dan mencoba menggapai kembali maqomnya yang mulia.

Maka jangan bermain-main dengan kata-kata, karena ia – dengan restu Sang Pencipta – begitu digdaya. Ia adalah kehidupan, karena kehidupan tercipta dengannya.

Tak ada kehidupan di luar kata-kata. Maka berbaik-baiklah dengannya!

Thank you for reading. I'd love to hear from you.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s