Ilmuwan


Ini makna kata ‘ilmuwan’ menurut KBBI: orang yang ahli atau banyak pengetahuannya mengenai suatu ilmu; orang yang berkecimpung dalam ilmu pengetahuan.

Namun, saya kira, ilmuwan bukan cuma orang yang seperti itu. Ilmuwan adalah orang yang mampu menyusun dan mengartikulasikan apa yang diketahuinya secara sistematik sehingga bisa dibagikan kepada orang lain dan diterima secara kurang lebih utuh, dapat dibongkar dan dikaji nilai kebenarannya, dan dapat menjadi dasar atau pijakan bagi pengembangan selanjutnya.

Itu menurut saya.

Di luar sana banyak orang yang ahli atau banyak pengetahuannya dalam suatu bidang (atau bahkan beberapa bidang) ilmu. Orang-orang ‘awam’ yang telah menggeluti suatu bidang berpuluh-puluh ribu jam dalam hidupnya, pastilah memiliki pengetahuan yang banyak dan menjadi ahli dalam bidang itu. Tapi mereka tidak disebut ilmuwan karena mereka tidak (mampu) menyusun pengetahuan itu dan mengartikulasikannya secara sistematik sehingga dapat dibagikan kepada orang-orang lain secara utuh agar bisa dikaji nilai kebenarannya.

Jadi, kata-kata kunci yang menjadi makna kata ilmuwan – menurut saya – adalah: berilmu, ahli, dan mampu menyusun dan mengartikulasikan pengetahuannya.

Demikian.

2 pemikiran pada “Ilmuwan

  1. Hmm Anda tidak setuju pemisahan tugas sosial antara peneliti dan pengajar? Sepertinya yang dimaksudkan oleh KBBI adl peneliti. The job is tough. Tapi tentu saja, peneliti yg juga pengajar yg baik akan menjadi sosok akademisi sempurna..

    Sebenarnya juga peneliti mesti bisa mengkomunikasikan studinya. Demi alasan praktikal (dan penghematan waktu), ini hanya dilakukan ke komunitas tertentu semisal kalangan akademisi lewat jurnal-jurnal. Yang lebih profesional mengajar lah yg menjadi corong utk mengalirkan ilmu ke masyarakat. Tapi sy percaya, kemampuan mengajar jika dimiliki oleh seorg peneliti akan meningkatkan conceptual clearness-nya, sebab seorg pengajar biasanya menyusun penyampaian se-accessible mungkin bagi audiensnya. Tapi skill ini tidak terlalu esensial jika si peneliti memilih utk menunggalkan dedikasinya pada bidangnya saja

Thank you for reading. I'd love to hear from you.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s