Apakah Semua Perilaku Manusia Bermotifkan Seks? (Bagian Pertama: Tafsir Mimpi)


Judul tulisan ini mungkin terdengar agak provokatif. Tapi itulah salah satu dari dua pertanyaan dasar yang dapat membantu kita memahami pemikiran-pemikiran Freud. Pertanyaan lainnya adalah:

Apakah ada kebenaran di dalam mimpi?

Karena jawaban atas pertanyaan pertama akan lebih panjang, maka saya akan mencoba mengulas jawaban atas pertanyaan kedua terlebih dahulu.

Freud tidak secara spesifik memberi jawaban atas pertanyaan apakah dalam mimpi ada kebenaran. Ia hanya mengatakan bahwa mimpi adalah jendela yang melaluinya kita bisa mengintip ke dalam alam bawah sadar (the unconscious) kita. Namun kalau kita mengikuti teori yang dibangunnya di dalam The Interpretation of Dreams (Tafsir Mimpi), akan jelas terlihat bahwa mimpi – paling tidak secara teoretis – mengandung kebenaran.

Menurut Freud, setiap mimpi memiliki gagasan (yang disebutnya “latent dream”[mimpi laten/tak maujud]) dan perwujudan (yang disebutnya “manifest dream” [mimpi maujud]). Mimpi maujud adalah bahasa yang dipakai oleh mimpi laten untuk mengekspresikan dirinya, yaitu keinginan dan angan-angan yang terpendam di dalam alam bawah sadar.

Menurutnya, semua mimpi pada dasarnya adalah gambaran pemenuhan keinginan terpendam atau angan-angan si pemimpi. Namun gambaran itu tentu tidak selalu gamblang (Anda bermimpi menyetir mobil BMW karena Anda berangan-angan memiliki mobil itu) karena dalam proses penciptaannya, angan-angan yang menjadi sumber mimpi itu kadang-kadang telah disensor dan mengalami distorsi. Proses sensor ini oleh Freud disebut sebagai “dream work”, yaitu proses di mana pikiran mengondensasi, mendistorsi, dan menerjemahkan angan-angan (“dream thoughts”) ke dalam bahasa mimpi. Dengan argumen-argumen itu, Freud berkeyakinan bahwa dengan menganalisa mimpi, kita dapat mengungkapkan cara kerja alam bawah sadar dan apa yang terpendam di dalamnya.

Bersambung…

3 pemikiran pada “Apakah Semua Perilaku Manusia Bermotifkan Seks? (Bagian Pertama: Tafsir Mimpi)

Thank you for reading. I'd love to hear from you.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s