Bagaimana Caramu Belajar?


Kau bertanya, bagaimana caraku belajar. Maka ini jawabanku:

Aku belajar dengan bertanya dan mempertanyakan.

Bertanya adalah gerbang menuju pengetahuan. Bertanya membuatku mencari. Mencari membuatku mengalami. Mengalami membuatku menimbang, menilai, dan membandingkan. Menilai, menimbang, dan membandingkan membuatku berpikir. Berpikir membuatku tahu.

Mempertanyakan adalah caraku menguji kesahihan dari apa yang aku tahu, karena aku tahu apa yang aku tahu tak selamanya utuh, ‘benar’, dan berlaku di segala waktu dan tempat. Maka dengan mempertanyakan, aku mencoba melihatnya dari mata dan telinga yang lain, cakrawala yang lain.

Lalu, bagaimana caramu belajar?

Eki Qushay Akhwan
18 April 2011

4 pemikiran pada “Bagaimana Caramu Belajar?

  1. Merasa ingin tahu, membuat asumsi, mencari tahu, bertanya kepada orang lain, menganalisis, mengambil kesimpulan, aplikasikan terhadap diri sendiri, dan perhatikan hasilnya.Selalu meminta penilaian orang lain untuk perbaikan.

    Selama ini, itu yang saya terapkan🙂.

  2. Waktu itu saya pernah baca dimana gitu, tapi saya lupa. Kira-kira begini: “Read, seek, ask questions, challenge beliefs and assumptions, think, analyze, discover the truth for yourself, don’t just accept.”

    Sampai sekarang saya setiap membaca begitu.🙂

  3. Penasaran, bertanya2, cari tahu, tahu, implementasikan, beritahu orang lain, dapatkan feedback dari mereka. Kalau belum tepat ulangi dan perbaiki, kalau benar lanjutkan.

    Setelah itu ketahui hal lain dan Implementasikan. Kadang2 salah, kadang2 benar. Selalu ada revisi, selalu ada yang diperbaiki, selalu tidak sempurna.

    Tapi ya lakukan saja terus.

    Selalu begitu.🙂

    Tapi ya lakukan saja terus. Works for me.

Thank you for reading. I'd love to hear from you.

