Whoa …! Wikipedia di-‘blackout’?


Pengumuman, pengumuman!

Kamu-kamu yang suka konsultasi ke Om Wiki Bule (Wikipedia yang berbahasa Inggris), jangan kaget ya kalau hari ini  si Om lagi ngambek!

Dia tutup diri! Tutup wajahnya pakai kain hitam!

Ini pertama kali dalam sejarah Om Wiki ngambek seperti ini.

Apa pasal?

Om Wiki ngambek gara-gara DPR dan Kongres Amerika mengajukan dua rancangan undang-undang, SOPA dan PIPA.

SOPA adalah singkatan dari Stop Online Piracy Act (Undang-Undang Hentikan Pembajakan Dalam Jaringan). Rancangan undang-undang  ini kalau lolos diundangkan bakal memperluas wewenang penegak hukum Amerika dan para pemegang hak cipta untuk memerangi peredaran kekayaan intelektual yang berhakcipta dan barang-barang tiruan/palsu.

Undang-undang ini terutama ditujukan untuk menjerat situs-situs web (websites) yang memfasilitasi pelanggaran hak cipta. Tergantung keinginan pihak si pelapor, pengadilan Amerika nantinya akan dapat menjatuhkan sanksi berupa pelarangan pemasangan iklan daring di situs yang bersangkutan dan pelarangan perusahaan- perusahaan jasa pembayaran seperti PayPal bertransaksi dengan situs itu. Selain itu, pengadilan dapat juga melarang mesin pencari untuk memberikan tautan kepada situs yang bersangkutan serta mewajibkan penyedia jasa layanan internet untuk memblokir akses ke situs itu.

Saudara si SOPA, yaitu si PIPA  atau nama lengkapnya  PROTECT IP Act (Preventing Real Online Threats to Economic Creativity and Theft of Intellectual Property Act of 2011)  – Undang-undang Mencegah Ancaman Nyata Dalam Jaringan terhadap Kreatifitas Ekonomi dan Pencurian Hak Kekayaan Intelektual 2011 – adalah rancangan undang-undang yang diajukan oleh Senat Amerika yang bertujuan memberikan perangkat hukum tambahan bagi pemerintah Amerika Serikat dan para pemegang hak cipta untuk mengekang akses terhadap “situs-situs web penipu yang bertujuan melanggar atau (mempromosikan) barang-barang tiruan/palsu,” khususnya yang terdaftar di luar Amerika Serikat.

Nah, loh!

Tapi kenapa Om Wiki sampai berang seperti itu?

Ini alasan yang diberikan Om Wiki (saya terjemahkan):

“Wikipedians (maksudnya teman-teman si Om Wiki, pent.) telah memilih untuk menghitamkan Wikipedia berbahasa Inggris untuk pertama kalinya seumur-umur, karena kami khawatir SOPA dan PIPA akan sangat menghambat orang-orang untuk mengakses informasi. Ini masalah yang tidak hanya akan memengaruhi orang-orang di Amerika Serikat: ia akan memengaruhi semua orang di seluruh dunia.

Kenapa? SOPA dan PIPA adalah undang-undang yang buruk rancangannya sehingga tidak akan efektif  mencapai tujuan yang dimaksudkan (menghentikan pelanggaran hak cipta), dan akan membahayakan Internet yang bebas dan terbuka. Kedua undang-undang itu akan membebani para pemilik situs web untuk mengawasi bahan yang disumbangkan oleh pemakai dan mengharuskan penutupan seluruh situs. Situs-situs kecil tidak akan mempunyai sumberdaya yang cukup untuk membela dirinya sendiri. Perusahaan-perusahaan media besar dapat menghentikan sumber-sumber dana bagi para pesaing asingnya, meskipun jika tidak terdapat pelanggaran hak cipta. Situs-situs asing akan masuk daftar hitam, yang artinya mereka tidak akan dapat muncul di mesin-mesin pencari utama. Dan, SOPA dan PIPA meletakkan dasar bagi pembatasan dan pengekangan di masa depan.”

Nah, bagaimana menurut kalian? Apakah para narablog seperti kita harus ikut-ikutan khawatir dan ngambek seperti Om Wiki Bule?

2 pemikiran pada “Whoa …! Wikipedia di-‘blackout’?

  1. Iya Pak sedang “mogok makan” tapi tidak senekat demonstran Indonesia sampai dengan jahit mulut hehe. Tapi masih beruntung karena wiki Indonesia tidak ikut-ikutan dan saya masih bisa membaca dan mengedit tulisan disana.

  2. Saya juga sangat tidak setuju pak. Kabarnya mereka menggunakan metode Blokir Sepihak, yang menurut saya itu bukan solusi. Dan bisa mengkerdilkan kebebasan kita untuk memperoleh informasi.

    khawatir boleh, tapi tidak harus ikutan ngambek pak. Kita bisa mendukung gerakan Anti SOPA/PIPA dengan cara lain. Salah satunya ya bapak dengan menulis artikel ini.🙂

Thank you for reading. I'd love to hear from you.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s