Menghitung Kentut!


“Berapa kali kamu kentut hari ini?”

Waks!!

Mana ada yang menghitung dengan teliti?

Tapi, ternyata ada juga! Dan si pelaku – dengan lugunya – mewartakannya di Twitter!

More than 30x today… Wuzz..”

(Buat yang merasa pernyataannya dicatut di sini, mohon maaf. Namamu akan tetap kusembunyikan kecuali kamu tak keberatan aku membukanya di sini.)

Halah!

Gejala apa ini? Sampai-sampai kentut pun diumumkan ke seluruh dunia? Padahal jaman nenek saya dulu, ditodong pakai bayonet Jepang pun orang tak akan mengaku kalau sudah kentut. Malu!

Teknologi sosial (social technologies) memang sudah menjungkirbalikkan banyak hal. Apa yang dulu cuma dibagi pada teman semeja, sekarang bisa dibagi ke teman sedunia.

Keakraban – yang ditandai dengan bisik-bisik di kalangan terbatas dalam membicarakan hal-hal yang bersifat sangat pribadi – sekarang memuai dan membuncah ke ranah publik.

Eksibisionisme (perilaku mempertontonkan hal-hal yang sangat pribadi) dan voyerisme (perilaku yang menikmati tontonan hal-hal yang sangat pribadi dari orang lain) menjadi lumrah dan dianggap tak tabu lagi.

Keakraban tak lagi melulu dianggap berada dalam ranah privat yang eksklusif dimiliki oleh kalangan terbatas dan dipagari secara kaku; ia telah menjadi cair dan meluber ke ruang publik seiring dengan terlumerkannya batasan-batasan ruang fisik dan kultural oleh teknologi informasi.

Nah, makanya jangan heran kalau kentut pun sekarang bisa menjadi komoditas yang laku dipertukarkan di atas meja transaksi antara si eksibisionis dan si voyeris.

[Catatan: Tulisan ini semula saya tulis dan poskan di blog saya yang dulu. Sekarang blog itu saya tutup bagi pembaca umum. Oleh karena itu, sebagian isinya saya pindahkan ke sini.]

Thank you for reading. I'd love to hear from you.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s