Kacung Buntung


Apakah kau rela tetap di sini? Dan menjadi kacung
bertangan buntung,
yang mengais kutu dari bulu si lutung?

Tidak.
Aku hanya budak.
Mana mungkin aku berontak?

Kacung! Buntung!
Apalah kau?
Kacung buntung!

Sarbalung!
Kacung buntung, ku tetap untung —
Tak seperti kau, terkatung-katung!

Terkatung-katung?
Aku mengarung,
bersama burung!

Langit, langit, langit!
Aku menggapai langit!
Kau? Terjepit!

Sungguhkah?
Aku telah kehilangan arah?
Gairah?

Kacung buntung!
Kau malah jadi bingung,
tak dung, tak dung …

Ayolah, mengarung
bersama aku dan burung!
Jangaaan menggantung!

Tak tuk, tak tuk, tak tuk,
tak tuk, tak tuk, tak tuk,
tak tuk, tak tuk, tak tuk …

______________________
Eki Akhwan,
13 November 2012

Thank you for reading. I'd love to hear from you.

