Performa Blogku di Tahun 2012


WordPress baik banget ya? Sudah memberi layanan gratis, mereka membuatkan pula laporan tahunan yang bagus.

Yang membuatkan, katanya, si monyet statistiknya WordPress:

The WordPress.com stats helper monkeys prepared a 2012 annual report for this blog.

Ini dia ringkasannya:

4,329 films were submitted to the 2012 Cannes Film Festival. This blog had 26,000 views in 2012. If each view were a film, this blog would power 6 Film Festivals

Click here to see the complete report.

Menurut ringkasan ini, blogku dilihat (dibaca?) 26.000 kali di tahun 2012, kira-kira sama dengan enam kali jumlah film yang diikutkan dalam Festival Film Cannes yang terkenal itu. Lumayan hebat, kan?😀

Dalam presentasi laporan yang dapat kalian lihat di atas, tahun lalu saya memosting 159 tulisan (karena semuanya berbentuk tulisan; 38 gambar yang ada hanyalah ilustrasi). Jumlah posting saya sampai akhir tahun itu 205.

Jumlah kunjungan terbanyak terjadi pada tanggal 27 Maret. Hari itu, 3.448 orang mengunjungi blog saya untuk membaca tulisan saya yang bertajuk “Setuju dengan Pengurangan Subsidi BBM?”.

Lima tulisan yang paling banyak dibaca menurut laporan itu adalah:

  1. Setuju dengan Pengurangan Subsidi BBM?, 45 komentar, Maret 2012
  2. Apa itu Analisis Wacana (Discourse Analysis)? 4 komentar, Februari 2011
  3. Apa itu Tata Bahasa Fungsional (Functional Grammar)? 4 komentar, Januari 2011
  4. Doa Tengah Malam Tidak ada komentar, Februari 2012
  5. Formalisme Rusia dan Kritik Baru (Bagian Pertama) 1 komentar, Desember 2011

Perujuk paling banyak selama tahun 2012 adalah:

  1. Facebook.com
  2. Twitter.com
  3. Berita.upi.edu
  4. Catchyourbus.blogspot.com (Blognya Ryan Aditya Achadiat)
  5. FPIPS.upi.edu

Ini menunjukkan bahwa blogku ini betul-betul blog pribadi yang pengunjungnya kebanyakan teman-teman sendiri yang terhubung lewat akun FB dan Twitterku.🙂

Pengunjung berasal dari 60 negara. Indonesia, tentu saja, menempati urutan teratas, disusul Amerika dan Kanada.

Komentator paling banyak:

  1. Herli
  2. Sandi Juandi
  3. Dini Yahdini Nurhasanah
  4. Anugrah
  5. Yohan Salman.

Terima kasih banyak atas komentar-komentar kalian.

Nah, itulah performa blogku tahun lalu. Bagaimana dengan blogmu?

7 pemikiran pada “Performa Blogku di Tahun 2012

      1. No no no…. justru saya yang blogger pemula mas. Saya sudah berkecimpung di dunia Internet marketing sejak 2010, tapi baru punya blog sekarang hahaha. Banyak yg ga saya ketahui tentang blogging, makanya saya bilang baru ngerti kalo wordpres.com bisa liat stats sampe sedetail itu. Blog sampean keren kog!

        Salam kenal mas🙂

  1. Wah.. ada blog saya-nya. hehehe

    Sayangnya nampaknya blogspot tidak memberikan laporan seperti wordpress. Jadi saya juga kurang tahu bagaimana performa blog saya. Tapi yang pasti sih jauh jika dibandingkan dengan blog ini.😀

Thank you for reading. I'd love to hear from you.

