Bahagia Yang Sahaja


Bahagia itu sahaja.

Ia hadir dalam hal-hal yang sederhana. Ia sering tak tampak karena kita mengejarnya ke tempat-tempat yang jauh, membayangkannya dalam hal-hal yang tak terjangkau. Padahal Ia dekat.

Letakkan telapak tanganmu di sini. Di dadamu. Di situlah bahagia bersemayam. Ia makhluk pemalu yang seringkali bersembunyi dari keramaian yang ingar-bingar. Ia duduk sendiri, menantimu menyapanya. Mengenalnya.

Keramaian dan ingar bingar itu wilayah keriaan, saudara kembarnya. Mereka serupa, tapi tak sama.

Keriaan adalah makhluk luar. Liar. Dia menemukan dirinya dalam keramaian dan ingar-bingar, dalam tawa yang terbahak-bahak, pada musik yang menghentak-hentak, pada laju kehidupan yang berlari kencang, pada kehadiran materi yang dikejar. Dia ada dalam ketenaran dan puja-puja yang dirayakan.

Kebahagiaan bisa hadir di pucuk-pucuk pepohonan yang ditiup angin. Atau pada deburan ombak yang menyuarakan teriakan-teriakan sunyi yang mencoba mengusir gundah. Atau suara-suara jengkrik yang memberi ketukan pada alunan angin malam yang sedang merayakan kehadiran ayu bulan.

Ia ada pada pagi yang berembun ketika dingin meluruhkan bara dari hari yang telah berlalu, dingin yang membuatmu memeluk kekasihmu dengan bisikan penuh rindu.

Ia ada pada matahari yang tersenyum mengiringi langkah-langkah kecilmu memenuhi panggilan kehidupan, pada cucuran keringat yang menggerakkan hari, pada harapan yang tersenyum di ujung jalan.

Ia ada pada celoteh anak-anak yang riang menyambutmu di pintu rumahmu. Pada lantunan doa yang kau panjatkan penuh rasa syukur pada Sang Ada.

Ia ada pada hidangan sederhana yang tersaji hangat penuh cinta. Pada kerabat dan sahabat yang berbagi semangat.

Ia ada pada mimpi-mimpi yang kau rajut dalam selimut malam. Ia yang bercerita tentang makna, bukan hanya ada.

Bahagia itu sahaja.

Thank you for reading. I'd love to hear from you.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s