Energi Kematian


Bagi kebanyakan orang, kematian adalah ketiadaan energi; lawan dari kehidupan, yang mengejawantahkan energi. Cara berpikir seperti ini wajar. Dalam kehidupan kita melihat gerak, sesuatu yang justru tak tampak dalam kematian. Perlu kacamata lain untuk bisa melihat bahwa kematian, dalam kebisuannya yang dingin, mengandung energi mahadahsyat yang justru menjadi sumber kehidupan. Kematianlah yang justru menggerakkan kehidupan. Tanpanya, kehidupan menjadi bisu, dingin, dan membosankan.

Bayangkan kehidupan yang tanpa akhir. Abadi. Betapa menjemukannya! Maknanya menjadi hilang. Tiada lagi tenggat dan misteri yang memicu kegairahan dalam pencarian makna.

Dengan menurunkan tirai yang menjadi pembatas antara ada dan tiada, atau mengibarkan bendera yang menjadi penanda garis akhir, kematian memberitahu kita kapan pertunjukan berakhir atau berapa jarak tempuh yang terbentang di antara dua titik. Apa yang kita lakukan di atas panggung atau sirkuit kehidupan menjadi definitif, mengenal batas. Dan keterbatasan, kita tahu, membuat segala sesuatu menjadi ekonomis, bernilai.

Sesuatu yang bernilai, tentu saja, tak akan kita sia-siakan. Orang tak akan membuang emas, karena emas itu langka dan bernilai tinggi. Ia akan menyimpannya, menginvestasikannya, dan menggunakannya untuk hal-hal yang mendatangkan kemanfaatan bagi dirinya. Orang yang sadar bahwa kehidupan akan berakhir, tahu betapa tinggi nilai kehidupan. Ia akan menjaga, menginvestasikan, dan menggunakannya untuk hal-hal yang bermakna.

Kematian adalah energi bagi kehidupan. Tanpanya, kehidupa hanya akan menjadi bola liar yang tak mempunyai arah dan tujuan.

Thank you for reading. I'd love to hear from you.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s