Cinta Menurut UUD 1945


Loh!?? Emang ada UUD 1945 mengatur soal cinta??

Ada dong! Tapi ini cuma buat yang cermat aja. Ahli hukum pun — apalagi kalau cuma sarjana hukum — belum tentu bisa menemukannya.

Begini nih cara melihatnya:

Cinta adalah kemauan bebas. Setuju?

Nah, maka, dan oleh karena itu, cinta yang dipaksakan adalah sebentuk penjajahan. Dan, menurut Undang-Undang Dasar 1945, penjajahan harus dienyahkan dari muka bumi!

Bukan main-main pula klausul tentang hal ini. Dia ada di bagian Preambule, Pembukaan — bagian yang dianggap teramat sakral bagi eksistensi negara ini; bagian yang sama yang memuat sila-sila Pancasila. Bunyi lengkapnya, saya kutip, adalah seperti ini:

“Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.” (Alinea Pertama UUD 1945)

Nah, maka, dan oleh karena itu, pemaksaan cinta adalah pelanggaran hukum yang teramat berat di negara ini karena ia melanggar sumber hukum dari segala hukum yang berlaku di negara ini. Lebih dari itu, ia melanggar HAM (hak asasi manusia) dan merupakan bentuk penganiayaan yang paling nyata karena — seperti kata kutipan tadi — “tidak sesuai dengan … perikemanusiaan”!

Oleh karena itu, wahai para muda, jangan pernah melakukan pemaksaan cinta! Apalagi mencinta karena terpaksa, karena itu pelanggaran hukum dan pelanggaran HAM yang berat!

______________

Eki Akhwan, 11 Juni 2013

8 pemikiran pada “Cinta Menurut UUD 1945

  1. whahaha keren nih pak, izin share, ga jarang juga banyak terjadi kekerasan dalam pacaran di kalangan anak muda pak, kalau kata highlight salah satu radio yang sering saya dengar adaah “hits without violence!”

  2. wow… selama ini masih bertanya-tanya.. cinta itu apa… hahaha.. ternyata bisa dibahas juga dari aspek hukum.. ikut share post bapak yang ini yaaa…

Thank you for reading. I'd love to hear from you.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s