Iman Dan Hidayah


Saya meyakini sepenuhnya bahwa iman adalah persoalan hidayah. Dan hidayah adalah hak prerogatif Allah. Tak seorangpun, tak juga nabi dan rasul, diberi kemampuan dan/atau hak untuk memberikan itu.

Betapa sulit mengubah keyakinan seseorang akan hal-hal yang bersifat gaib dan ilahiah. Nuh tak mampu melakukan itu pada anak dan istrinya; Musa, dengan segala mukjizat yang dianugerahkan Tuhan padanya, tak dapat mengubah keyakinan Firaun, ayah angkatnya; Ibrahim dengan logika jernihnya tak mampu membujuk ayahnya untuk mengikuti tauhid; bahkan Rasulullah Muhammad salallahualaihi wa salam pun tidak. Abu Talib — paman, wali dan pelindungnya — tak berubah keyakinan hingga akhir hayatnya, meskipun Nabi begitu ingin ia beriman pada agama tauhid yang dibawanya.

Maka, betapa pongahnya orang yang merasa bahwa dia punya hak untuk memaksa orang lain mengikuti keimanannya atau bagian dari keimanannya itu. Dia telah melangkahi hak Tuhan, mencoba merebut dan mengklaimnya.

Dengan keyakinan itu, saya tidak akan pernah menghakimi orang karena keimanannya atau keyakinannya. Saya tidak akan mencerca orang karena dia berbeda keimanan dan keyakinan dengan saya. Saya tidak akan melangkahi hak prerogatif Tuhan. Kewajiban saya hanyalah ber-amarmakruf nahi munkar — menyeru kepada kepada kebajikan dan mencegah kemungkaran. Hanya sampai di situlah hak yang diberikan Tuhan kepada saya, itupun dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan-Nya: dengan lemah lembut dan kasih sayang (Al Fussilat 33).

Tuhan memberi saya hak untuk berkeras diri hanya sejauh sebagai sarana pembelaan diri. Itulah yang telah dicontohkan oleh Nabi SAW. Dan saya, umatnya, beritaibak kepadanya.

Satu pemikiran pada “Iman Dan Hidayah

Thank you for reading. I'd love to hear from you.

