Al-Maa’idah 116


[تنصل: Hari ini saya menambahkan satu kategori baru dalam blog saya: Daras Alquran. Dalam tulisan-tulisan berkategori ini, insyaallah, saya mencatat ayat-ayat Alquran yang menarik perhatian saya dan bagaimana saya memahaminya. Tentu saja ini bukan tafsir, karena saya tidak mempunyai wewenang untuk itu. Ini hanya pemahaman dan catatan pribadi saja.]
__________

Suatu ketika Tuhan bertanya kepada Isa alaihi salam:

“Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua Tuhan selalin Allah?”

Isa menjawab:

“Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya, tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku, dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib.”

(Al-Maa’idah:116, terjemahan Kementerian Agama RI)

Saya sangat terkesan dengan jawaban Isa. Tidak seharusnyalah orang-orang yang mengaku beriman (mukmin) dan Islam (muslim) lupa bahwa Tuhan mengetahui apapun yang ada pada diri kita, dan betapa amat terbatasnya pengetahuan kita tentang-Nya.

Sungguh tak pantas — dalam perkataan Isa, “Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku” — kita mengatakan atau berbuat sesuatu dengan mengatasnamakan Tuhan ketika Ia tak memberikan kita hak untuk itu.

Betapa banyak orang yang mengatasnamakan Tuhan dalam perkataan dan perbuatannya — tanpa hak, tanpa dasar, tanpa pengetahuan — bahkan untuk hal-hal yang Tuhan secara eksplisit tak memberinya wewenang untuk itu atau bahkan melarangnya.

Wallahu ‘alam bis sawab.

Thank you for reading. I'd love to hear from you.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s