Perayaan Hari Kemerdekaan Nasional Polandia


Ahad, 11 November 2013

Hari ini, 11 November, adalah hari Kemerdekaan Nasional Polandia (Narodowe Święto Niepodległości), hari libur nasional.

Konon, menurut tradisi, peringatan Hari Kemerdekaan dimulai dengan misa pagi yang dihadiri oleh Presiden, dilanjutkan dengan upacara militer peletakan karangan bunga di monumen tentara tak dikenal di alun-alun Piłsudski pada sekitar pukul 12:00.

Seorang veteran memberi hormat di depan patung Józef Piłsudski yang menghadap ke alun-alun Piłsudski, tempat upacara militer peletakan karangan bunga bagi tentara tak dikenal berlangsung. (Foto: © Eki Akhwan)
Seorang veteran memberi hormat di depan patung Józef Piłsudski yang menghadap ke alun-alun Piłsudski, tempat upacara militer peletakan karangan bunga bagi tentara tak dikenal berlangsung.
(Foto: © Eki Akhwan)

Saya tiba di alun-alun Pilsudski lewat tengah hari, ketika upacara tengah berlangsung. Suasana terlihat sangat ramai. Udara cerah, matahari bersinar terik, meskipun suhunya — bagi saya — terasa amat menggigit: hanya 7 derajat Celsius!

Masyarakat kota Warsawa, tua-muda, besar-kecil, terlihat antusias menonton upacara dan merayakan hari kemerdekaan negara mereka. Banyak di antara mereka yang membawa bendera putih merah atau bendera merah bergambar elang lambang negara Polandia dengan berbagai ukuran serta mengenakan emblem bendera di baju mereka. Suasana terasa sangat patriotik. Di sana sini, di antara kerumunan massa, saya juga melihat penjual bendera. Mirip seperti di tanah air.

Orangtua membawa anak-anaknya dan memberi mereka bendera kebangsaan. Cara yang baik untuk mengajarkan rasa cinta tanah air sejak dini.
Orangtua membawa anak-anaknya menyaksikan upacara Hari Kemerdekaan dan memberi mereka bendera kebangsaan. Cara yang baik untuk mengajarkan rasa cinta tanah air sejak dini. (Foto: © Eki Akhwan)

Tanggal 11 November ditetapkan sebagai  Hari Kemerdekaan Nasional Polandia berdasarkan tanggal ketika Józef Piłsudski, Panglima Tertinggi Legiun Polandia, menyatakan kemerdekaan Polandia dari Kekaisaran Prusia, Rusia, dan Austro-Hungaria — yang telah menduduki wilayah Polandia selama lebih dari 123 tahun — pada tahun 1918.

Parade pasukan berkuda (kaveleri). (Foto: © Eki Akhwan)
Parade pasukan berkuda (kaveleri). (Foto: © Eki Akhwan)

Tradisi perayaan 11 November sebagai Hari Kemerdekaan Polandia sempat terhenti ketika Jerman menyerbu dan menduduki Polandia pada tahun 1939 dan selama Perang Dunia II (1939 – 1945). Setelah Perang Dunia II, rezim komunis Republik Rakyat Polandia tidak merayakan 11 November sebagai Hari Kemerdekaan Polandia melainkan hanya sebagai Hari Reklamasi Kemerdekaan. Perayaan Hari Kemerdekaan diganti menjadi tanggal 22 Juli, yaitu tanggal diterbitkannya Manifesto PKWN yang menjadi awal terbentuknya pemerintahan yang didukung oleh Uni Soviet. Tanggal 11 November dikembalikan sebagai Hari Kemerdekaan dan hari libur nasional oleh Sejm (Parlemen Polandia) masa ke-9 pada tahun 1989.

Dentuman meriam menandai akhir upacara militer. (Foto: © Eki Akhwan)
Dentuman meriam menandai akhir upacara militer. (Foto: © Eki Akhwan)

Setelah menonton upacara militer di alun-alun Piłsudski — yang sebenarnya tak bisa saya lihat langsung karena saya berada di belakang massa yang sudah hadir lebih dulu — saya menikmati suasana di sepanjang jalan Krakowskie Przedmieście yang menuju ke Kota Tua dan berburu foto tentang kesumringahan suasana hari kemerdekaan. Sepanjang jalan Krakowskie Przedmieście hari ini ditutup karena jalan ini adalah jalan utama menuju alun-alun Piłsudski dan tempat istana presiden berada. Ribuan orang tumpah ruah di jalan ini  — berjalan kaki, naik sepeda, menikmati hari libur bersama keluarga dan teman-teman, mungkin juga karena matahari bersinar cerah. Perhatian saya, seperti biasa, tertuju para perilaku orang-orang dan hal-hal lain yang menarik menjadi subjek fotografi jalanan saya.

Thank you for reading. I'd love to hear from you.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s