Ruang Penuh Fotografi


Penuh adalah lawan dari kosong.

Suatu ketika, Ansel Adams, fotografer kondang Amerika yang terkenal karena karya-karya bentang darat (landscape) hitam putihnya, berujar:

“You don’t make a photograph just with a camera. You bring to the act of photography all the pictures you have seen, the books you have read, the music you have heard, the people you have loved.”

Drowned Face © Eki Akhwan
Drowned Face
© Eki Akhwan

Kau tidak membuat foto hanya dengan kamera. Kau membawa semua gambar-gambar yang pernah kau lihat, buku-buku yang pernah kau baca, musik yang pernah kau dengarkan, [dan] orang-orang yang kau cintai ke dalam tindakan berfotografi.

Foto, sebagaimana karya-karya lain manusia, bukanlah ruang kosong. Tidak ada karya yang original, asli, murni. Semua inspirasi, ilham, wahyu (yang bukan dalam pengertian agama) adalah hasil pengelolaan méntal kita atas fenomena dan pengalaman yang dicerap oleh indera kita.

Karena kita hidup dalam ruang dan waktu, semua karya yang kita hasilkan — termasuk foto — adalah cerminan dari ruang waktu itu, adalah cerminan interaksi kepribadian kita dengan ruang waktu itu. Tidak ada foto yang netral dan objektif — yang semata-mata lahir dari proses mekanis lewat alat yang bernama kamera. Kamera tidak berkarya. Manusialah yang berkarya.

Maka, di dalam setiap foto ada kepribadian fotografernya, ada sublimasi pengalaman-pengalamannya, ada ideologi yang diyakininya, ada pesan yang ingin disampaikannya, ada refleksi ruang waktu yang dihuni dan telah dicerapnya.

Menilai dan membaca foto adalah membaca itu semua, bukan hanya apa yang dapat dilakukan oleh kamera; bukan hanya teknis dan mekanika.

Dan tahukah kau, dalam membaca pun kita membawa serta itu semua. Maka pembacaan karya foto (dan karya-karya apapun) adalah proses interaktif, proses intertekstual yang tak sederhana.

Selamat membaca!

Satu pemikiran pada “Ruang Penuh Fotografi

Thank you for reading. I'd love to hear from you.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s