Ternyata Enak Juga!


Ini rahasia teramat pribadi sebenarnya. Tapi di dunia yang nyaris tanpa rahasia lagi ini, apa sih yang tak dapat dibagikan ke semua orang?? Isi cawat (cawet, cangcut) pun, konon, sudah lumrah diumbar sekarang. Apalagi cuma soal yang ginian!

Eiitss! Jangan berpikir yang aneh-aneh dulu ya! Saya cuma mau cerita soal makanan, soal masak-memasak.

Selama tinggal di Polandia dan jauh dari keluarga, sanak saudara, dan tukang bakso dan penjual nasi kuning dan gorengan yang suka mangkal di pojok perempatan dekat rumah, saya terpaksa harus makan apa adanya dan apa adanya dimakan.🙂

Saya tidak bisa memasak … (bohong ketang!). Maksudnya, saya tidak bisa memasak kecuali kalau pakai bumbu instan atau masak ala saya sendiri atau (kadang-kadang, kalau lagi iseng) masak dengan buku resép di tangan. Sebagai mantan anak kos yang duitnya pas-pasan, itu semua cerita lama dan cerita biasa.

Maka ketika saya berangkat ke Polandia tempo hari, salah satu bekal saya yang nyaris bikin koper overweight, ya bumbu-bumbu instan itu. Nasi goreng, ada puluhan. Rendang, opor, ayam goreng, semur, semua dibawa.

Tapi eh tapi, lama-lama ternyata bosan juga. Tiap hari nasi goreng, tiap hari rendang, tiap hari itu-itu saja … Somehow rasa bumbu-bumbu instan itu lama-lama sama saja. Saya sampai tak bisa membedakan lagi nasi goreng dengan rendang.

Maka saya pun mulai berinisiatip memasak ala saya sendiri seperti yang dulu (cukup) sering saya lakukan: bereksperimen dengan apapun. Hari ini, misalnya, saya mencampur bermacam-macam bumbu yang saya punya — okay, ada ikan kalengan, ada kol yang sudah hampir sebulan nongkrong di kulkas, ada sisa pasta tomat dan daun oregano kering bekas bikin spaghetti kemarin dulu, ada merica, garam, bawang bombay, bawang putih, gula, dan kaldu kotak.

Semua masuk saja ke dalam wajan … dan voila!, ternyata enak juga hasilnya!

Hehe … cuma mau cerita itu kok! Serius amat!😀

PS. Salah satu rencana besar saya begitu pulang nanti: wisata kuliner!😀😀

3 pemikiran pada “Ternyata Enak Juga!

Thank you for reading. I'd love to hear from you.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s