Apakah Sudah Perlu Mengubah Tampilan Blog?


Akhir-akhir ini saya sedang menimang-nimang perlu tidaknya mengubah tampilan blog saya, blog ini. Pasalnya, meskipun sudah mengaku-aku sebagai penyuka kesederhanaan (lihal halaman Blog Navigation di atas), tampilan blog saya tampaknya masih agak berantakan. Tagline di bawah judul blog, misalnya, terlalu banyak, kurang sedernaha. Jumlah kategori, saya rasa, juga masih terlalu banyak.

Betul, tagline dan kategori-kategori itu mencerminkan apa yang saya tulis, mencerminkan isi blog, dan memudahkan pengunjung mencari dan menelusuri topik tulisan. Namun karena jumlahnya banyak (dan mungkin nanti akan bertambah banyak kalau saya menulis tentang hal-hal baru yang tak masuk dalam kategori-kategori itu), tampilan blog jadi terlalu ‘bising’.

Ibarat rumah, tampilan blog menunjukkan selera si empunya. Blog yang ‘hiruk-pikuk’ adalah cerminan jiwa yang juga hiruk-pikuk, masih labil, dinamis, penuh warna, rock dan dangdut; atau …, barangkali si empunya memang tak punya cita rasa estetika yang baik saja. Blog yang sederhana, kalem, dan subtil biasanya adalah milik orang-orang yang reflektif, banyak merenung dan berpikir (seperti ilmuwan dan sastrawan), orang-orang yang matang dengan selera yang matang dan tak perlu berpretensi unjuk diri lagi — karena mereka memang sudah punya segalanya dan/atau puas dengan apa yang mereka punya.

Namun blog, seperti halnya rumah, juga entitas fungsional. Kesederhanaan dan estetika yang mengorbankan fungsi juga tidak baik: Bayangkan rumah dimana dapur, WC, ruang tamu, taman, dan ruang bercintanya menjadi satu, dan jendelanya transparan tanpa kelambu … Unik dan indah, bisa jadi, tapiii …

Mengatur blog sama seperti mengatur rumah, selalu ada pertimbangan estetika dan fungsi. Saya ingin rumah ini sejuk dipandang, tapi saya juga ingin blog ini informatif dan ramah pengunjung; saya tidak ingin mereka salah masuk ke dapur ketika hendak ke WC.

Bagaimana menurut kalian? Apakah saya sudah perlu mengubah tampilan blog ini? Apa yang perlu diubah? Kenapa?

7 pemikiran pada “Apakah Sudah Perlu Mengubah Tampilan Blog?

  1. Widget “Search The Blog” sebaiknya ada di posisi paling atas, Pak. Jadi ngemudahin para pembaca kalo mo nyari keyword tertentu. Sekedar saran aja Pak.

  2. yang penting kontennya keren pak. mau tidak pakai pernak-pernik apapun seperti tulisan di mesin tik pun kalau isinya keren mah tetep keren pa (menurutku sih begitu, hehe)🙂

  3. Tagline di bawah judul dan jumlah kategori sepertinya memang sebaiknya dipangkas. Kalo saya kadang mengibaratkan blog efektifnya seperti majalah; tagline-nya singkat ngena, kategori seperti rubrik. (Walaupun ini juga cuma sekedar pendapat, karena blog saya sendiri udah lama gak keurus :p).

    Yaa.. Jika hanya Pak Eki punya waktu luang untuk itu semua. Toh saya sebagai pembaca pun tetap lebih fokus ke konten ^^

Thank you for reading. I'd love to hear from you.

