Haru Pilu Perpisahan


Saya baru saja shalat selesai subuh terakhir di Polandia. Pukul 6, dan di luar jendela saya lihat masih gelap. Dingin, tidak perlu ditanya lagi. Sudah tiga minggu ini suhu selalu berada di bawah nol, seringkali di angka belasan. Bahkan di dalam rumah yang berpenghangat, saya kadang-kadang masih menggigil.

Terakhir?

Begitulah! Sejak tadi malam, semua dihitung dan ditempeli stiker ‘terakhir’. Ketika saya meninggalkan kantor sekitar pukul setengah delapan, saya memandangi meja saya, ruangan kerja saya selama kurang lebih empat bulan ini, lalu saya tempelkan stiker di benak saya: ‘terakhir’. Pun ketika saya menutup pintu pagar dan berjalan ke halte tempat saya biasa menunggu bis untuk pulang. Terakhir. Di ujung jalan, sebelum belok di pertigaan, saya sempat menengok kembali ul. Estońska, tempat KBRI berada, memandangi jalan, pepohonan, dan langit yang selama empat bulan ini telah berubah warna, dari hijau kekuningan ketika saya datang, keemasan, lalu coklat kering, lagu gundul, dan kini diliputi salju …

Aah …

Di halte dan di dalam bis, dengan sadar saya mengamati segala sesuatunya. Pemandangan yang telah menjadi akrab itu, mulai besok (hari ini), tak akan saya lihat lagi … Ada sedikit perasaan haru pilu. Saya senang akan segera kembali ke tanahair, ke ribaan keluarga, kerabat, dan sahabat yang hangat. Namun itu semua tak mengurangi rasa haru pilu perpisahan

Begitulah rasa perpisahan dengan orang, tempat dan suasana yang telah mengambil hati kita. Selalu ada tanya, akankah kita bertemu lagi? Melihatnya lagi? Merasakannya lagi?

Saya akan berangkat ke bandara pukul setengah sebelas pagi ini. Lalu terbang pada pukul 13.40. Subuh esok, saya mungkin sudah berada di atas laut Arabia, terbang menuju tanahair tercinta.

4 pemikiran pada “Haru Pilu Perpisahan

  1. I agree with this sentences🙂 “Begitulah rasa perpisahan dengan orang, tempat dan suasana yang telah mengambil hati kita. Selalu ada tanya, akankah kita bertemu lagi? Melihatnya lagi? Merasakannya lagi?”

Thank you for reading. I'd love to hear from you.

