Sudahkah Kau Membaca Pernyataan Visi dan Misi Para Capres?


Kemarin saya sudah menulis ulasan opini tentang hasil debat kedua para capres. Tulisan itu, harus diakui, memiliki kecenderungan berpihak kepada capres nomor urut 1. Itu karena, menurut pendapat pribadi saya, capres nomor urut 1 tampak lebih unggul dalam debat itu. Namun itu tidak berarti saya sudah dengan pasti akan menjatuhkan pilihan pada Prabowo dan pasangannya Hatta pada hari H pemungutan suara nanti. Posisi saya secara resmi hingga saat ini adalah swing atau undecided voter (pemilih mengambang). Saya masih akan terus menunggu dan mempelajari dengan seksama informasi-informasi yang bisa saya dapatkan dari sumber-sumber yang andal mengenai kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden yang berkontestasi dalam pemilihan umum presiden ini.

Informasi-informasi dari sumber-sumber yang andal harus digarisbawahi, karena dalam suasana panas musim kampanye saat ini banyak beredar informasi-informasi yang miring, diplintir, parsial, bersifat propaganda, dan mendistorsi perspektif yang bisa kita dapatkan tentang calon-calon pemimpin kita itu.

Saya — dan kita semua yang mengaku sebagai pemilih cerdas, saya kira — harus berhati-hati dengan sejumlah media massa arus utama (mainstream) yang jelas-jelas telah menunjukkan biasnya dalam pemberitaan mereka tentang para calon. Informasi yang diudarakan oleh beberapa stasiun televisi seperti Metro TV dan TV One, yang karena keterkaitan pemiliknya dengan salah satu calon, cenderung memberikan perspektif yang lebih menguntungkan calon yang mereka dukung, jelas harus diperlakukan dengan kritis. Informasi dari media cetak dan media dalam jaringan (online media) yang cenderung berlaku bias pun harus diperlakukan sama. Apalagi media sosial yang cenderung berperspektif pribadi dan kadang-kadang mengabaikan rambu-rambu kepantasan.

Salah satu rujukan pertama dan utama yang perlu kita baca sebagai pemilih cerdas adalah pernyataan resmi visi dan misi para pasangan calon sendiri, yang dapat kita baca di situs resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) di bawah ini:

Visi dan Misi Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 1 (Prabowo-Hatta).

Visi dan Misi Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 2 (Jokowi-JK).

Sudahkah kau membaca visi dan misi itu?

Kalau belum, ayo kita pelajari dan cermati visi dan misi para calon para calon pemimpin kita itu, agar kita tahu mana yang kira-kira lebih sesuai dengan aspirasi kita, agar pilihan kita tidak disetir oleh “katanya-katanya”.

Dalam tulisan-tulisan berikut insyaallah saya akan mencoba mengulas dan membandingkan visi dan misi para calon itu. Mudah-mudahan saya bisa dan ada waktu.

Thank you for reading. I'd love to hear from you.

