Tentang Berbicara dan Diam


Kadang-kadang kita harus berbicara, dan berbicara menjadi sebuah kewajiban. Kadang-kadang kita harus diam, dan diam menjadi kewajiban.

Berbicara tak hanya membuka mulut dan memuntahkan kata-kata dari dalamnya. Diam tak hanya menutup mulut dan mencegah kata-kata keluar daripadanya.

Berbicara menjadi kewajiban manakala kita melihat kezaliman, ketidakadilan, kebodohan, atau dusta, dan kita yakin bahwa kata-kata kita mampu mencegah atau menghentikannya. Maka berbicara menjadi kewajiban yang kebaikannya diperhitungkan.

Diam menjadi kewajiban manakala kita tahu, kata-kata kita akan melahirkan kezaliman yang melukai orang-orang yang menerimanya; kata-kata kita akan menjadi fitnah yang menjadi sebab kerusakan; kata-kata kita adalah kedustaan yang menyebabkan kegelapan; kata-kata kita adalah kata-kata kosong yang membodoh-bodohi dan menyebabkan tersebarnya kebodohan. Maka diam menjadi kewajiban yang kebaikannya diperhitungkan.

Kadang-kadang kita harus berbicara dan diam pada saat yang bersamaan. Kita harus berbicara karena ada kezaliman, ketidakadilan, kebodohan, dan dusta. Namun kita tahu, kata-kata kita tak mungkin didengar, tak akan didengar, karena orang-orang tengah riuh dengan diri mereka sendiri, dengan pikiran-pikiran mereka sendiri, dengan prasangka-prasangka mereka sendiri. Maka diam menjadi kewajiban sementara yang menahan kewajiban berbicara.

Kita tahu kapan kita harus berbicara, kapan kita harus diam, kapan kita harus menunda berbicara, agar kata-kata kita bermakna dan menjadi kebaikan yang diperhitungkan.

Hari ini saya telah menahan diri dari berbicara tentang hal yang saya tahu, karena saya tahu diam di tengah keriuhan akan memberi kekuatan pada kata-kata yang kelak akan terucap.

Eki Akhwan,
23 Juli 2014

Satu pemikiran pada “Tentang Berbicara dan Diam

Thank you for reading. I'd love to hear from you.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s