Gambar Hidup


Hidup itu seperti gambar hidup, kawan. Ia adalah rangkaian dari ribuan bingkai film yang diputar cepat. Kau tak dapat menangkap bingkai-bingkai itu satu satu. Kau hanya bisa melihat gerak dan cerita.

Kadang-kadang satu atau dua adegan membuatmu terpana. Itulah kejadian. “Event”, kata orang Inggris. Event hanyalah potret — satu atau dua bingkai yang terbekukan di dalam pikiranmu. Sebuah snapshot atas film kehidupan.

Potret itu bisa sedih. Bisa juga gembira.

Tapi apakah karena potret sedih atau gembira itu, kau bisa menganggap bahwa seluruh film itu hanya berisi kesedihan atau kegembiraan?

Kehidupan, seperti halnya film, adalah rangkaian bingkai yang berputar cepat. Terlalu cepat untuk dapat kau lihat satu satu. Gerak dan perubahan tak datang tiba-tiba atau dalam ‘bongkahan’ besar seperti bingkai yang terhenti di dalam pikiranmu. Lamat-lamat saja, seperti rangkaian bingkai-bingkai film yang berputar cepat dalam gambar hidup.

Dalam gulungan film yang berputar membentuk gambar hidup, tak ada satupun bingkai gambar yang tak terhubung dengan bingkai lain. Mereka sambung-menyambung membentuk sebuah cerita yang kita nikmati naik turunnya. Demikian pun kehidupan: naik-turun, suka-duka hanyalah kejadian-kejadian, ‘snapshots’, potret-potret, dan bukan kehidupan itu sendiri.

Nikmati kejadian-kejadian itu. Tapi jangan lupa pada filmnya, skenarionya. Cerita dan pesannya.

__________________

Mungkin istilah gambar hidup terdengar aneh di telingamu. Tapi itulah kata-kata yang dipakai oleh kakek nenek kita untuk menggambarkan rangkaian gambar yang bergerak. Bioscoop, kata orang Belanda. Film, cinema atau movies, kata orang Inggris.

Thank you for reading. I'd love to hear from you.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s