Kenapa Kita Gelisah?


Kenapa kadang-kadang kita gelisah?

Aku kira kegelisahan adalah pertanda. Sama seperti demam, sakit kepala, gatal-gatal, lapar dan haus yang dialami tubuh, kegelisahan adalah aba-aba akan adanya sesuatu yang kurang, yang tak selaras dan tak seimbang dalam jiwa kita.

Ketika jiwa merasa kotor dan gerah, ia akan gelisah. Ia memberi aba-aba bahwa ia ingin segera dibersihkan. Mungkin seperti gatal-gatal dan keinginan mandi pada tubuh yang kumuh berpeluh.

Ketika sara berkurang, tubuh kan merasa lapar dan dahaga. Demikian pun jiwa. Ia ingin nafkahnya diberikan, hak-haknya dipenuhi. Sara jiwa tentu tak sama dengan sara raga. Kita tahu apa yang dituntut masing-masingnya.

Ketika tubuh diserang oleh organisme-organisme asing, ia akan melawan. Suhunya akan naik, tubuh akan mengalami demam dan menggigil, tanda bahwa ia sedang berperang. Demikian pun jiwa. Invasi yang mengotori esensinya akan menyebabkan ia menggeliat, mengerahkan segala dayanya untuk melindungi fitrahnya dari kekuatan-kekuatan gelap yang akan memadamkan cahayanya. Gelisah adalah tanda naiknya suhu jiwa. Demam jiwa.

Ketika jiwa merasa ada yang tak selaras dan tak seimbang, ia akan gelisah. Sama seperti kepala berdenyut-denyut yang menjadi pertanda akan adanya ketakselarasan dan ketakseimbangan di bagian-bagian tubuh tertentu, jiwa yang gelisah adalah pertanda akan adanya ketimpangan. Mungkin ketimpangan itu ada karena harapan tak sesuai dengan kenyataan; panggilan yang tak dipenuhi; dorongan yang tak dibiarkan bergerak …

Begitulah. Kegelisahan adalah pertanda, aba-aba. Maka ketika ia ada, itulah saat kita (seharusnya) meraba ke dalam. Menengok dan melongok, berkaca dan bercermin, untuk mengungkap ketimpangan dan kekurangan yang menyebabkan jiwa meniup peluit peringatan.

Penuhi panggilannya. Penuhi hak-haknya. Kembalikan harmoninya dengan Sang Semesta.

Thank you for reading. I'd love to hear from you.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s