Perbedaan


Perbedaan adalah keniscayaan. Sunatullah, dalam istilah orang-orang beragama. Tanpa perbedaan, tak ada definisi, tak ada indentitas, tak ada perputaran dan pergerakan, tak ada ruang untuk saling tolong-menolong, tak ada interaksi dan transaksi, bahkan tak ada dunia dan seisinya.

Siang tak ada tanpa malam, pria tak ada tanpa wanita. Segala sesuatu terdefinisikan karena ada lawannya. Oposisi biner (binary opposition), kata Saussure, adalah benih makna. Dalam sebuah sistem, kehadiran yang satu adalah pelengkap bagi yang lain. “Tarian” kedua-duanyalah yang membuat masing-masing mendapatkan maknanya, mendapatkan identitasnya.

Dapatkah kita membayangkan dunia yang tanpa perbedaan? Aku tak bisa membayangkannya. Kalaupun ada, dunia seperti itu pastilah dunia yang bisu, gelap, dan mati.

Biarpun demikian, sikap kita terhadap perbedaan selalu mendua: kita mencintainya, tapi juga takut, benci dan ingin mengusirnya. Sikap yang biner juga, kan? Bahkan dalam menyikapi perbedaan pun kita harus berbeda.

Aku tidak takut pada perbedaan. Yang aku takutkan adalah ketika keseimbangan di antara unsur-unsur yang menari itu menjadi terganggu, ketika suatu unsur dipaksa bertekuk lutut oleh yang lain. Dipaksa. Ditaklukkan tanpa kesempatan untuk menuntut keadilan. Karena pada saat itulah terjadi kezaliman, opresi. Mizan Tuhan terguncang.

Allah membenci kezaliman karena kezaliman mengguncangkan mizan semesta yang telah diciptakan-Nya. Oleh karena itulah, Dia mewajibkan dirinya untuk berpihak kepada orang-orang yang terzalimi. Tak ada penghalang apapun antara Dia dan doa orang-orang yang terzalimi. Siapapun mereka, Allah akan mengabulkan doa mereka, seperti diriwayatkan dalam hadis berikut ini:

اتق دعوة المظلوم وإن كان كافرا فإنه ليس دونها حجاب
“Hendaklah kamu waspada terhadap doa orang yang dizalimi sekalipun dia adalah orang kafir. Maka sesungguhnya tidak ada penghalang diantaranya untuk diterima oleh Allah.” Hadis riwayat Ahmad – sanad hasan

3 pemikiran pada “Perbedaan

Thank you for reading. I'd love to hear from you.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s