Jangan Membuat Keputusan Saat Emosi


Ketika sedang emosi, jangan membuat keputusan!

Saya tidak ingat lagi kapan dan dari mana saya mendapat nasihat itu. Yang jelas isinya ces pleng, dengan tingkat kebenaran mendekati seratus persen.

Tapi entah kenapa,  dua hari yang lalu saya lupa betul pada nasihat itu. Akibatnya sungguh panjang.  Saya nyaris kehilangan hape dan akhirnya harus membuang waktu dan tenaga,  dan uang ratusan ribu hanya karena keputusan yang saya ambil saat saya sedang emosi itu.

Rasanya tidak perlu saya menceritakan secara eksplisit apa yang terjadi. Kejadiannya terlalu memalukan untuk diumbar di mimbar publik. Cukup saya katakan bahwa membuat keputusan di saat kita sedang emosi adalah hal yang sangat berbahaya. Akibatnya bisa sangat panjang.

Coba retrospeksi, mungkin kau pernah mengalami hal serupa ini juga dalam hidupmu?

Thank you for reading. I'd love to hear from you.

