Pijat


Gara-gara sakit punggung, hari ini saya pijat. Sudah tiga hari ini punggung bagian bawah terasa sakit dan paha terasa kaku.

Saya coba ingat-ingat apakah beberapa hari sebelum itu saya ada mengangkat beban berat atau melakukan gerakan yang salah. Tidak ada.

Mungkin saya terlalu sedenter dan kurang gerak. Mungkin. Saya memang kurang suka olahraga. Pekerjaan saya juga tidak menuntut saya banyak bergerak.

Saat sakit seperti itu tentu saja saya tidak bisa tiba-tiba langsung banyak bergerak, apalagi berolahraga. Badan terlalu sakit.

Akhirnya saya putuskan untuk mendatangi tukang pijat.

Sambil dipijat, saya mengobrol dengannya. Dia bilang tampaknya saya mengalami pengentalan darah. Bekam kering yang dia lakukan menunjukkan tanda-tanda itu.

Gawat!

Dulu saya pernah mengalami itu, dan dokter yang merawat saya bilang, saya bisa tiba-tiba mengalami stroke kalau saya tidak memperbaiki jenis makanan yang saya konsumsi dan berolahraga teratur.

Dua bulan saya diet ketat dan berolahraga hingga kondisi gawat itu teratasi. Tapi setelah itu, cara makan saya melonggar lagi. Saya juga tidak berolahraga teratur lagi.

Tampaknya saya harus mulai mengatur makanan saya lagi, dan berolahraga. Dan kali ini bukan untuk sebulan dua bulan. Makanan sehat dan olahraga harus menjadi bagian penting dari gaya hidup saya. Karena faktor u, saya harus lebih disiplin dan konsisten menjaga kesehatan saya. Saya tidak ingin terkena stroke.

Thank you for reading. I'd love to hear from you.

