Kena Tipu Lewat Aplikasi MyXL


Beberapa hari yang lalu, saat dalam perjalanan, tiba-tiba telepon genggam saya berdering. Nomor yang ditampilkan di layar tidak terdaftar dalam buku telepon saya. Biasanya saya jarang mengangkat telepon dari nomor yang tidak dikenal, tapi entah kenapa siang itu saya tergerak untuk mengangkatnya.

Dari seberang telepon, terdengar suara lelaki muda berlogat Jawa memperkenalkan dirinya sebagai Wisnu, pelayan toko Indomaret di Medan. Insting saya mengatakan, pasti ada sesuatu yang tidak beres. Saya tidak punya kenalan di Medan, apalagi yang berprofesi sebagai penjaga toko. Telepon pun segera saya tutup sebelum dia berbicara lebih jauh.

Ternyata orang itu tidak menyerah begitu saja. Dia mengirim SMS kepada saya, yang intinya mengatakan, dia baru saja menjual token listrik dan salah memasukkan nomor telepon pelanggannya, sehingga kodenya terkirim ke nomor saya. Dia takut dipecat, dan memohon kepada saya untuk mengirimkan kode yang terkirim ke nomor saya kepadanya.

Tanpa pikir panjang, dan karena kasihan, saya segera memeriksa kotak pesan masuk, menyalin-tempel pesan yang berisi kode yang dimaksud (tanpa membacanya dengan cermat!), dan mengirimkannya kepada nomor orang itu.

Tolol sunggung-sungguh tolol! Beberapa saat kemudian saya baru sadar bahwa pesan yang saya teruskan kepadanya itu berisi kata sandi untuk masuk ke halaman login myXL saya. Terlambat sudah! Ketika saya sadar, dia sudah berhasil masuk ke aplikasi myXL dengan menggunakan nomor saya dan mentransfer pulsa yang ada di dalamnya ke nomor lain. Kurang ajar!

Nominal yang berhasil dicurinya lumayan besar, karena beberapa bulan terakhir saya jarang menggunakan nomor itu, namun selalu mengisinya agar nomor tetap hidup.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, saya segera meminta kata sandi baru untuk login ke aplikasi myXL saya (yang sudah ter-log out karena diakses dari tempat lain).

Benar saja, sore hingga malam harinya, saya mendapat SMS dari XL yang memberitahu ada orang lain yang mencoba masuk lagi ke aplikasi myXL saya, namun tentu saja gagal karena kata sandinya sudah saya ubah.

Saya menuliskan kisah ini, agar siapapun yang kebetulan membaca tulisan ini tidak mengalami hal yang saya alami. Mudah-mudahan bermanfaat.

 

 

2 pemikiran pada “Kena Tipu Lewat Aplikasi MyXL

  1. Wah sekarang ada aja orang yang menipu dengan modus seperti itu. Memanfaatkan kebaikan hati orang. Padahal hal tersebut membuat korban merasakan rasa sakit yg lebih dalam.

Thank you for reading. I'd love to hear from you.

